Eksperimen Benjamin Libet Apakah Kehendak Bebas Manusia Itu Ada?

 


KOTA BEKASI - Apakah kita benar-benar pemilik tindakan kita sendiri atau, sebaliknya, apakah kita dikondisikan oleh determinisme biologis? 


Atau apakah ada kekuatan lain yang mempengaruhi dan mengatur kehendak, keinginan dan tindakan kita tanpa kita sadari?


Apa manusia punya kehendak bebas “kontra-kausalitas”? Apa kita memilih dengan sadar untuk melakukan perbuatan tertentu dan, dalam kondisi sama persis, bisakah kita memilih berbuat sebaliknya? 


Pertanyaan dan misteri ini sudah diperdebatkan selama ribuan tahun, oleh filsuf (sejati) maupun filsuf belakang meja. 


Keraguan ini telah banyak diperdebatkan selama berabad-abad filsafat dan psikologi, dan percobaan Libet telah membantu mengintensifkan mereka.


Sepanjang artikel ini kita akan membahas eksperimen yang dilakukan oleh ahli saraf Benjamin Libet, serta prosedurnya, hasil dan refleksi, dan kontroversi seputar penelitian ini.


Siapakah Benjamin Libet?


Benjamin Libet (12 April 1916 – 23 Juli 2007) adalah seorang ahli saraf Amerika yang merupakan pelopor dalam bidang kesadaran manusia . Libet adalah seorang peneliti di departemen fisiologi Universitas California, San Francisco.


Pada tahun 2003, ia adalah penerima pertama Hadiah Nobel Virtual dalam Psikologi dari Universitas Klagenfurt , "untuk pencapaian perintisnya dalam penyelidikan eksperimental kesadaran, inisiasi tindakan, dan kehendak bebas"


Benjamin Libet menjadi ahli saraf terkenal yang karya pertamanya berfokus pada penyelidikan respons sinaptik dan postinaptik, dan kemudian berfokus pada studi tentang aktivitas saraf dan ambang sensasi ini (yaitu, titik di mana intensitas stimulus menghasilkan sensasi perubahan sadar).


Investigasi relevan pertamanya bertujuan untuk menetapkan jumlah aktivasi yang diperlukan area otak tertentu untuk melepaskan persepsi somatik artifisial. 


Sebagai hasil dari karya-karya ini, Libet memulai penyelidikannya yang terkenal tentang hati nurani rakyat, dan juga penelitiannya eksperimen yang menghubungkan neurobiologi dan kebebasan.


Setelah mempelajari dan merenungkan kebebasan, kehendak bebas, dan hati nurani, Libet menjadi pelopor dan selebritas dalam dunia neurofisiologi dan filsafat. Terlepas dari semua ini, kesimpulan mereka belum dibebaskan dari kritik dari para peneliti dari kedua disiplin ilmu



Eksperimen Libet


Sebelum Libet memulai eksperimennya yang terkenal, peneliti lain seperti Hans Helmut Kornhuber dan Lüder Deecke telah menciptakan istilah "bereitschaftspotential", yang dalam bahasa kita dapat diterjemahkan sebagai "potensi persiapan" atau "potensi kesiapan".


Istilah ini mengacu pada dimensi yang mengukur aktivitas korteks motorik dan area motorik tambahan otak ketika mereka dipersiapkan untuk aktivitas otot sukarela. Maksud saya, mengacu pada aktivitas otak ketika gerakan sukarela direncanakan. Dari sini, Libet membangun sebuah eksperimen di mana suatu hubungan dicari dalam kebebasan subjektif yang kami percaya kami miliki ketika memulai gerakan sukarela dan ilmu saraf.


Dalam percobaan, masing-masing peserta ditempatkan di depan semacam jam yang diprogram untuk memberikan giliran penuh dalam 2,56 detik. 


Selanjutnya, ia diminta untuk memikirkan titik pada keliling jam yang dipilih secara acak (selalu sama) dan pada saat-saat ketika tangan lewat, ia harus membuat gerakan pergelangan tangan dan, pada saat yang sama, ingat pada titik jam berapa tangan pada saat memiliki perasaan sadar akan melakukan gerakan itu.


Libet dan timnya menyebut variabel subjektif ini V, mengacu pada kesediaan orang tersebut untuk pindah. 


Variabel kedua diciptakan sebagai variabel M, terkait dengan momen nyata di mana peserta membuat gerakan.


Untuk mengetahui nilai-nilai M ini, setiap peserta juga diminta untuk memberi tahu kapan tepatnya ia melakukan gerakan. Angka temporal yang diperoleh oleh variabel V dan M memberikan informasi tentang perbedaan waktu antara saat di mana orang merasakan keinginan untuk melakukan gerakan dan saat yang tepat di mana gerakan itu dibuat.


Untuk membuat percobaan lebih dapat diandalkan, Libet dan kolaboratornya menggunakan serangkaian pengukuran atau register objektif. Ini terdiri dari mengukur potensi persiapan area otak yang terkait dengan gerakan dan elektromiografi otot yang terlibat dalam aktivitas spesifik yang diminta peserta.


Hasil percobaan


Temuan dan kesimpulan dibuat setelah pengukuran dilakukan dan penelitian menyimpulkan, tidak membuat siapa pun acuh tak acuh.


Pada awalnya, dan seperti yang diharapkan, para peserta penelitian menempatkan variabel V (akan) sebelum variabel M. Ini berarti bahwa mereka merasakan keinginan sadar mereka untuk melakukan gerakan seperti sebelumnya. 


Fakta ini mudah dipahami sebagai korelasi antara aktivitas otak dan pengalaman subyektif orang tersebut.


Sekarang, data yang benar-benar dianggap sebagai revolusi adalah data yang diambil dari catatan objektif. 


Menurut angka-angka ini, potensi otak untuk persiapan muncul bahkan sebelum subjek sadar bahwa ia ingin menggerakkan pergelangan tangannya; khusus antara 300 dan 500 milidetik sebelumnya. 


Ini dapat diartikan sebagai bahwa otak kita lebih dulu tahu sebelum kita, bahwa kita ingin melakukan suatu tindakan atau seatu gerakan.


Konflik dengan kehendak bebas


Bagi Libet, hasil ini bertentangan dengan konsep tradisional tentang kehendak bebas. Istilah ini, khas dari bidang filsafat, mengacu pada kepercayaan yang dimiliki orang tersebut kekuatan untuk secara bebas memilih keputusan mereka sendiri.


Alasannya adalah bahwa keinginan untuk membuat gerakan yang dianggap bebas dan sukarela, pada kenyataannya, didahului atau diantisipasi oleh serangkaian perubahan listrik di otak. 


Karena itu, proses penentuan atau keinginan untuk melakukan suatu gerakan dimulai tanpa disadari.


Namun, bagi Libet konsep kebebasan akan terus ada; karena orang tersebut masih mempertahankan kekuatan sadar untuk secara sukarela dan bebas mengganggu gerakan.


Akhirnya, Penemuan ini akan menjadi batasan konsepsi tradisional tentang bagaimana kebebasan bekerja dan kehendak bebas, mengingat ini tidak akan bertanggung jawab untuk memulai gerakan tetapi untuk mengendalikan dan menyelesaikannya.


Kritik terhadap investigasi ini


Debat ilmiah-filosofis tentang apakah orang benar-benar bebas ketika membuat keputusan atau jika, sebaliknya, kita tunduk pada determinisme materialis biologis, mereka kembali berabad-abad sebelum percobaan Libet dan, tentu saja kritik, kontroversi dan perdebatan masih berlanjut hingga hari ini. 


Jadi, seperti yang diharapkan, percobaan Libet itu tidak menghilangkan kritik baik oleh filsafat, atau oleh ilmu saraf.


Salah satu kritik utama yang dibuat oleh beberapa pemikir pendukung teori kehendak bebas adalah bahwa, menurut mereka, keberadaan kemajuan otak ini tidak harus tidak sesuai dengan kepercayaan atau konsep ini. 


Potensi otak ini dapat berupa serangkaian automatisme yang terkait dengan keadaan pasif seseorang. Bagi mereka, Libet tidak akan berfokus pada apa yang benar-benar penting, tindakan atau keputusan yang paling rumit atau rumit yang memerlukan refleksi sebelumnya.


Di sisi lain, mengenai evaluasi prosedur yang dilakukan dalam percobaan, metode menghitung dan mengukur waktu telah dipertanyakan, karena mereka tidak memperhitungkan berapa lama area otak yang berbeda untuk mengeluarkan dan menerima pesan.



(Red)

Lebih baru Lebih lama