Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun

 


Vatikan - Mantan Paus Benediktus XVI atau yang juga populer dengan nama Kardinal Joseph Ratzinger meninggal dunia pada usia 95 tahun, Sabtu (31/12/2022). 


Pada akhir Desember lalu, Paus Fransiskus mengatakan Benediktus XVI sakit parah dan meminta para peziarah di Vatikan untuk mendoakannya.


Benediktus XVI tutup usia hampir satu dekade setelah dia mengundurkan diri sebagai Paus karena kondisi kesehatannya memburuk.


Dia memimpin Gereja Katolik selama kurang dari delapan tahun sampai 2013 – Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregory XII pada 1415.


Dalam pernyataannya, Vatikan mengumumkan: “Dengan duka mendalam, saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pada pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan.


“Informasi selanjutnya akan diberikan sesegera mungkin.“


Menurut Vatikan, jenazah Paus Emeritus akan disemayamkan di Basilika Santo Petrus mulai 2 Januari 2023.


Pada akhir audiensi tahun ini, Paus Fransiskus meminta orang-orang untuk "melakukan doa khusus buat Paus Emeritus Benediktus".


Vatikan mengatakan kesehatan mantan Paus itu mulai memburuk pada 29 Desember 2022.


"Bicaranya sudah lirih, tetapi dia menyimak percakapan Anda," kata Paus Fransiskus kepada surat kabar Spanyol ABC.


Pada Agustus 2022 lalu, ketika Paus Fransiskus membawa para kardinal baru untuk menemui Benediktus di biara Mater Ecclesiae, Vatikan, Benediktus tampak lemah, tetapi dia menjabat tangan mereka semua dan berinteraksi dengan mereka.


Jauh sebelum itu, sekitar 2020, Benediktus mulai kesulitan berpidato. Di hadapan para kardinal, Benediktus mengatakan,  "Tuhan telah mengambil kemampuan pidato saya agar saya menghargai keheningan".


Bagi Paus Fransiskus, pendahulunya itu tidak hanya seorang “santo“ yang memiliki kehidupan spiritual yang tinggi, tapi juga orang yang berpikiran jernih dan memiliki selera humor yang bagus.



Pertemuan Paus Benediktus XVI dan Mawlana Syeikh Nazim QS 


(Syekh Nazim Wafat 7 Mei 2014)


Saat Paus Benediktus XVI masih menjabat dan melakukan serangkaian kunjungan ke Siprus pada Juni 2010, Syeikh Nazim menembus penjagaan tentara Perserikatan Bangsa-Bangsa yang memisahkan Nicosia. 


Ia berusaha bertemu Paus.


Sebelum Benediktus XVI melangkahkan kaki ke gereja, Nazim menahannya. 


Kedua pemimpin agama itu bertegur sapa, berpelukan dalam momen yang sangat syahdu. 


Setelah sempat menghabiskan beberapa waktu berkata-kata, Nazim dengan sopan berkata,” Tuhan memberkatimu. Do'akan saya, saya sudah semakin uzur." 


Paus Benediktus yang juga tersentuh dengan sapaan Nazim, membalas sambil berkaca-kaca. “Saya juga semakin tua."


Syeikh Nazim Adil Al-Haqqani Qs, ditanya wartawan tentang siapa Paus Benediktus XVI, beliau menjawab "Paus Benediktus XVI adalah orang suci lebih suci dari saya sendiri."


(Red)



(Red)

Lebih baru Lebih lama