LSM Kaliber Distrik 05 Kota Bekasi Gelar Bimbingan Organisasi di Bogor


BOGOR, – Mengambil tema “Pentingnya Wawasan Kebangsaan untuk Organisasi Masyarakat”, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kaliber Indonesia Bersatu (Kaliber) Distrik 05 Kota Bekasi menggelar Bimbingan Organisasi di Villa Jatimas Hijau, Kabupaten Bogor, Sabtu (27/7/2024).


Dalam kegiatan tersebut dipimpin Ketua Distrik 05 Kota Bekasi Supriyatno didampingi Sekretaris Aswadi dan dihadiri langsung Ketua Umum Kaliber H Heru Susanto. Selain itu, juga dihadiri Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kota Bekasi Nesan Sujana ST MT CGCAE, Wakasat Binmas Polres Metro Bekasi Kota AKP Puji Astuti, Pengurus Kaliber Kabupaten Bekasi, Ormas GMBI, Paguyuban Patriot, FKBN, Pemuda Pancasil, dan seluruh Pengurus Kaliber Distrik 05 Kota Bekasi.


Ketua Distrik 05 Kota Bekasi Supriyatno ketika ditemui wartawan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya demi memperkuat wawasan tentang arti bela negara. “Saya berharap kegiatan ini nantinya bisa mendapatkan ilmu bermanfaat dan dapat digunakan di lingkungan masyarakat, khususnya dalam keluarga,” harapnya.


Ditambahkannya, kegiatan ini juga mampu menumbuhkan kesadaran bagi anggota untuk menjaga agar tidak tumbuh ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila, sehingga keutuhan NKRI dapat tetap terjaga.


Lebih lanjut Supriyatno menyampaikan bahwa pentingnya wawasan kebangsaan untuk organisasi masyarakat berperan penting dalam menjaga keutuhan NKRI yang akan berdampak terhadap kelangsungan bangsa dan negara. “Ormas harus mampu mengaktualisasikan diri untuk peka bela negara dalam menjaga Keutuhan NKRI,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kota Bekasi Nesan Sujana ST MT CGCAE kepada wartawan menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Kaliber Distrik 05 Kota Bekasi yang membahas wawasan kebangsaan. “Pada prinsipnya saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kaliber Distrik 05 dalam rangka pembinaan tersebut,” ungkapnya.


Nesan Sujana juga menyampaikan bahwa dimana kita ketahui berkenaan dengan pelaksanaan Pilkada Kota Bekasi yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang punya resiko tersendiri. Dengan adanya wawasan kebangsaan ini, Kota Bekasi yang begitu heterogen masyarakatnya bisa menjadi masyarakat yang nyaman dan damai serta bisa melaksanakan Pilkada secara jujur dan adil.


“Kami sangat mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan terus program-program bagi masyarakat bawah hingga ke tingkat masyarakat yang di bawahnya. Mudah-mudahan acara ini dapat mendukung Kota Bekasi menjadi Indek Kota Terloleran nomor 1,” tegasnya.



Selain itu, Nesan menambahkan bahwa Kaliber merupakan LSM yang peduli terhadap kegiatan sosial kepada masyarakat juga sangat peduli terhadap peningkatan kualitas para anggotanya. “Ini adalah langkah yang sangat baik keberadaannya pada waktu saat-saat ini dan kedepannya. Sebab, Kaliber dalam menyelesaikan terjadinya permasalahan tidak melakukan kekerasan ataupun intimidasi. Akan tetapi disalurkan dengan sistem kebersamaan dan komunikasi secara baik,” tambahnya.


Di tempat yang sama, Ketua Umum Kaliber H Heru Susanto menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan kebangsaan bela negara bagi para anggota. Selain itu diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini semakin luas wawasan para anggota dalam bela negara.



“Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini para anggota Kaliber Distrik 05 Kota Bekasi semakin luas wawasannya dalam kebangsaan dan bela negara. Sebab, dengan memahami wawasan ini dapat berkesan nantinya. Selain itu, saya ingin silaturahmi para anggota semakin kuat dengan dilaksankannya kegiata ini,” tutupnya.


Pelaksanaan Bimbingan Organisasi LSM Kaliber Distrik 05 Kota Bekasi berjalan dengan lancar dan baik. Selain bimbingan juga dilaksanakan Renungan Malam, Senam, dan Pelatihan Dasar Baris Berbaris yang dipimpin Pelda Purwanto dan Serma Suhir. 


(Red)

Lebih baru Lebih lama