Profil dan Rekam Jejak Tri Adhianto Bacalon Walikota Bekasi yang Didukung Oleh Banyak Partai di Kota Bekasi


Kota Bekasi - Tri Adhianto merupakan salah satu Bacalon Walikota Bekasi terkuat karena Tri Adhianto memiliki banyak dukungan dari banyak Partai di Kota Bekasi, Tentunya masyarakat Kota Bekasi ingin mengetahui bagaimana profil, rekam jejak dan perjalanan karir Tri Adhianto sebagai Bacalon Wali Kota Bekasi dari PDI Perjuangan.

Berikut karier dan rekam jejaknya sebagai birokrat hingga menjadi Wakil Walikota Bekasi kemudian Plt. Walikota Kota Bekasi hingga Walikota Bekasi di akhir periode masa jabatannya.

Pria dengan nama lengkap Dr Tri Adhianto Tjahyono lahir di Jakarta 3 Januari 1970. Pada tahun 1999, dia berhasil menjadi sarjana/S1. Selanjutnya, pada 2000 Tri lulus program S2. Dia kemudian merampungkan pendidikan S3 atau Doktor pada tahun 2012.

Tri pernah menempati beberapa jabatan strategis dalam pemerintahan. Dia merupakan birokrat tulen di Kota Bekasi.

Mengutip laman bekasikota.go.id, Tri pernah menjadi Kasie Pengendalian dan Keselamatan Lalu Lintas pada Teknik Lalu Lintas (Lalin) Dishub Kota Bekasi tahun 2004. Pada 2008, Tri menjabat Kabid Teknik Lalin Dishub Kota Bekasi.

Dia juga pernah menduduki Sekretaris Dinas Bina Marga dan Tata Air tahun 2011. Lalu, Tri dipercaya menjabat Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air tahun 2013.

Pada 2018, kariernya melesat dengan menempati posisi Wakil Wali Kota Bekasi mendampingi Rahmat Effendi. Setelah itu, Tri menjabat Plt Wali Kota Bekasi terhitung sejak 7 Januari 2022.

Ditunjuknya Tri sebagai Plt Wali Kota Bekasi karena Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi terlibat kasus dugaan korupsi pada 2022 lalu.

Tri dikenal sebagai sosok pribadi yang memiliki jiwa sosial tinggi dan merakyat. Melalui akun media sosialnya, dia kerap berinteraksi dengan masyarakat kemudian disebarkan lewat media sosial Instagram maupun Facebook.

Surat Tugas Bacalon Walikota Bekasi dari DPP PDIP

Diketahui, Tri juga merupakan salah satu kader PDIP. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya secara resmi mengusung Tri Adhianto yang juga Ketua DPC PDIP Kota Bekasi sebagai Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota Bekasi di Pilkada serentak 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan pihaknya secara resmi telah menyerahkan surat tugas dari DPP PDIP atas penunjukan Tri Adhianto sebagai Bacalon Wali Kota Bekasi. Penyerahan surat tugas dilakukan dalam rapat konsolidasi dan koordinasi PDIP di Kota Bekasi, Selasa (16/7/2024)

Dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Setelah PDIP menentukan dukungan kepada Tri Adhianto sebagai Bakal Calon Walikota Bekasi, akhirnya Partai Solidaritas Indonesia pun akhirnya memutuskan untuk menentukan kepada siapa pilihan untuk mendukung Bakal Calon Wali Kota Bekasi di Pilkada 2024.

PSI Kota Bekasi mendukung Tri Adhianto maju sebagai Calon Wali Kota Bekasi Periode 2024-2029, Senin, 22 Juli 2024.

Dukungan tersebut dinyatakan melalui surat tugas yang kemudian diserahkan langsung kepada Tri Adhianto

Dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Bakal calon Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono didukung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju Pilkada Serentak Wali Kota Solo 2024. Dengan begitu, Tri kini mendapatkan suntikan dari PDI Perjuangan (PDIP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Melalui surat bernomor 0744/DPC-22.23/VII/2024, perihal instruksi yang ditandatangani Ketua DPC PKB Kota Bekasi, Rizki T bahwa Tri Adhianto secara resmi telah menerima Surat Pernyataan Penetapan Tahap I calon Wali Kota Bekasi. 

Ternyata, surat itu merujuk kepada surat resmi dari DPP PKB Nomor: 30177/DPP/01/VI/2024 tentang Penetapan Tri Adhianto Tjahyono sebagai bakal calon kepala daerah Kota Bekasi periode 2024-2029.

Dukungan Partai Demokrat 

Dukungan terhadap Tri Adhianto terus mengalir. Setelah PSI dan PKB akhirnya Partai Demokrat pun Menyusul  menyatakan dukungan terhadap Tri Adhianto untuk maju sebagai Calon Wali Kota Bekasi.

Dukungan ini dinyatakan dalam pertemuan kedua Partai, PDIP dan Demokrat, Rabu 24 Juli 2024.

Pada kesempatan itu, Sekretaris DPC Demokrat Abdul Rozak mengatakan,Partai Demokrat Kota Bekasi siap mendukung Tri Adhianto.

Menarik dinamika dan perkembangan selanjutnya partai-partai besar mana lagi yang akan mendukung Tri Adhianto dan tentu yang lebih menarik siapakah yang akan menjadi Bacalon Wakil Walikota yang akan menjadi pendamping Tri Adhianto di ajang konstestasi Pilkada Kota Bekasi 2024.

(Red)
Lebih baru Lebih lama