Shannen Doherty, aktris 'Beverly Hills 90210' dan 'Charmed', meninggal dunia di usia 53 tahun



Kota Bekasi - Aktris Amerika Shannen Doherty, yang terkenal karena perannya sebagai siswa sekolah menengah Brenda Walsh dalam drama televisi terkenal tahun 1990-an "Beverly Hills, 90210," telah meninggal pada usia 53 tahun setelah berjuang melawan kanker selama bertahun-tahun.


Doherty, yang telah terbuka tentang pengobatan kanker payudara yang ia jalani, meninggal pada hari Sabtu (13/07/2024), kata humas Leslie Sloane dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.


"Putri, saudara perempuan, bibi, dan sahabat yang berbakti itu dikelilingi oleh orang-orang yang dicintainya serta anjingnya, Bowie," kata Sloane dalam pernyataan tersebut. 


"Keluarga meminta privasi mereka saat ini agar mereka dapat berduka dengan tenang."


Doherty mengungkapkan pada tahun 2015 bahwa ia tengah menjalani perawatan untuk penyakit tersebut. Pada tahun 2023, ia menjalani operasi pengangkatan tumor otak dan mengungkapkan bahwa kanker telah menyebar ke tulang-tulangnya.



Aktris yang sebelumnya membintangi film "Heathers" ini memperoleh popularitas yang luas di "90210" atas perannya sebagai Brenda, seorang siswi berprestasi dari Minnesota yang berjuang untuk menyesuaikan diri dengan teman-teman sekelasnya di wilayah yang makmur.


Karakternya di acara itu terlibat dalam cinta segitiga dengan Dylan McKay (Luke Perry) dan Kelly Taylor (Jennie Garth). Dalam kehidupan nyata, Doherty berselisih dengan Garth dan pemain lainnya dan meninggalkan "90210" selama musim keempatnya pada tahun 1994. Acara itu berlanjut hingga tahun 2000 tanpa dia.


Pada tahun 1998, produser "90210" Aaron Spelling memilih Doherty dalam serial supernatural "Charmed" sebagai Prue Halliwell, yang tertua dari tiga bersaudara dengan kemampuan magis. Acara tersebut sukses tetapi juga menjadi sasaran laporan kekacauan di balik layar.


Majalah People menjuluki Doherty sebagai "gadis nakal ikonik tahun sembilan puluhan," merujuk pada reputasinya yang gemar berpesta, datang terlambat ke lokasi syuting, dan berselisih dengan para aktor - dan atasannya.


Pada tahun 2023, dalam sebuah podcast berjudul "Let's Be Clear with Shannen Doherty," sang aktris mengatakan bahwa dia mengambil "tanggung jawab penuh atas tindakannya" dan mengakui perilakunya "akan sedikit berlebihan" saat dia sering mengunjungi kelab malam di awal usia 20-an.


(Red)

Lebih baru Lebih lama