Kembali Bikin Gaduh, WordPress.com Sempat Diblokir oleh Pemerintah pada 3 Agustus 2024


Viral Bekasi - Setelah baru-baru ini memblokir mesin pencari DuckDuckGo, pemerintah kembali memicu kegaduhan di publik dengan memblokir situs yang populer di kalangan blogger, yaitu WordPress.com.


Tindakan ini terjadi pada tanggal 3 Agustus 2024, sebagaimana dapat dilihat pada foto di bawah ini.


Pemblokiran DuckDuckGo sebelumnya sudah cukup mengejutkan banyak orang karena mesin pencari tersebut dikenal mengutamakan privasi pengguna dengan tidak melakukan pelacakan aktivitas mereka.


Pemblokiran WordPress.com semakin menambah kontroversi terkait langkah-langkah sensor internet yang diambil oleh pemerintah.


Berikut adalah screen-capture situasi pada tanggal 3 Agustus 2024, ketika WordPress.com diblokir oleh pemerintah


Jika Anda mencoba masuk ke WordPress.com, maka yang Anda terima akan serupa dengan gambar di bawah, mirip dengan saat Anda mencoba membuka Reddit.


Hingga artikel ini ditulis (3 Agustus 2024 pukul 19.20 WIB), belum ada media besar yang mengangkat isu ini atau pernyataan resmi dari MenKominfo.



Begitu pula dengan WordPress.com, mereka belum memberikan rilis resmi seperti yang dilakukan DuckDuckGo sebelumnya.


Pemblokiran WordPress.com jelas merugikan blogger, praktisi SEO, dan pebisnis yang menggunakan layanan content management system ini.


Bayangkan jika hot-leads yang siap bertransaksi senilai 1 miliar rupiah di situs yang di-hosting di WordPress.com terancam batal terjadi akibat pemblokiran ini. Perusahaan akan kehilangan kesempatan emas dan potensi pendapatan yang signifikan.


Menurut W3Techs, 62,7% situs web menggunakan WordPress sebagai content management system baik dari web bisnis maupun web media pers siber.


Dampak pemblokiran ini bisa jauh lebih besar dibandingkan pemblokiran DuckDuckGo, yang memiliki pangsa pasar lebih kecil.


Apa Pengguna WordPress.org Aman dari Pemblokiran?


Pengguna WordPress.org tidak terkena dampak pemblokiran ini. Meski sama-sama WordPress, WordPress.com dan WordPress.org adalah dua entitas yang berbeda.


WordPress.com adalah layanan hosting yang dipimpin oleh Matt Mullenweg, sementara WordPress.org merupakan software open-source yang bisa diinstal pada hosting mana pun.


Langkah Antisipasi bagi Pengguna WordPress.com

Jika Anda adalah pengguna WordPress.com, disarankan segera mengambil langkah antisipasi seperti menghubungi customer service mereka melalui email sembari menunggu klarifikasi dari pemerintah dan pihak WordPress.com.


Pertimbangkan untuk migrasi dari WordPress.com ke layanan hosting lain jika tidak ada kejelasan mengenai pembukaan blokir oleh pemerintah atau jika Anda merasa perlu mencari solusi hosting yang lebih andal.


Akhir kata, semoga segera ada kepastian baik dari pihak pemerintah maupun dari WordPress.com.


Update: Menurut klaim dari salah satu anggota komunitas SEO Specialist Indonesia, pada 3 Agustus 2024 pukul 19.45 WIB, WordPress.com sudah bisa diakses melalui provider IM3.


Namun, tim kami masih belum bisa membukanya dengan provider Telkomsel per 3 Agustus 2024 pukul 19.58 WIB.


Sumber: dailyseo.id

Lebih baru Lebih lama