Menteri Luar Negeri Wang Yi: Tiongkok dukung Iran dalam mempertahankan, kedaulatan, keamanan dan harga diri nasionalnya


BEIJING, (11/08/2024) - Tiongkok mendukung Iran dalam mempertahankan "kedaulatan, keamanan, dan harga diri nasionalnya", kata menteri luar negeri Tiongkok Wang Yi kepada penjabat menteri luar negeri Iran melalui panggilan telepon dilansir dari Reuters pada Minggu, menurut pernyataan kementerian luar negeri Tiongkok.


Dalam panggilan telepon tersebut, Wang mengulangi kecaman Beijing atas pembunuhan kepala Hamas Ismail Haniyeh di Teheran sebagai tamu Negara dipelantikan Presiden Baru Iran pada 31 Juli 2024, dengan mengatakan serangan itu telah melanggar kedaulatan Iran dan mengancam stabilitas regional.


Iran dan kelompok Islam Palestina Hamas menuduh Israel melakukan serangan yang menewaskan Haniyeh.


Israel belum mengklaim atau membantah bertanggung jawab atas pembunuhan itu, yang telah memicu kekhawatiran bahwa perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza berubah menjadi perang Timur Tengah yang lebih luas.


Iran telah berjanji untuk "menghukum keras" Israel atas pembunuhan tersebut.


Wang Yi mengatakan kepada Ali Bagheri Kani, Penjabat Menteri Luar Negeri Iran, bahwa pembunuhan Haniyeh telah "secara langsung merusak proses negosiasi gencatan senjata Gaza dan merusak perdamaian dan stabilitas regional," kata kementerian luar negeri Tiongkok


(Red)

Lebih baru Lebih lama