Untuk Pertama Kali Bendera Duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi Diarak Dari Monas ke IKN


Jakarta-  Untuk pertama kalinya dalam sejarah, bendera duplikat Sang Merah Putih dan teks proklamasi diarak dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu (10/8) ini.


Acara kirab tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.


Kirab dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monas dari Kepala Sekretariat Presiden kepada Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila.



Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih ialah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah, sedangkan yang bertugas sebagai pembawa teks proklamasi, yaitu Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.


Acara kirab juga melibatkan sekitar 180 Abang-None dari DKI Jakarta, 122 Purna Paskibraka Provinsi DKI Jakarta serta siswa-siswi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), politeknik, dan pamong praja.


Tak hanya itu, kesenian dan kearifan lokal juga turut diangkat untuk mengiringi kirab tersebut, menciptakan nuansa budaya yang kuat sepanjang perjalanan.

"Yang menarik dari kirab kali ini adalah rutenya. Biasanya, rute kirab hanya dari Monas ke Istana Merdeka, tetapi kali ini kita menciptakan sejarah dengan menyelenggarakan kirab dari Monumen Nasional menuju ke Ibu Kota Nusantara," ucap Yusuf.


Rute itu melintasi beberapa titik ikonik di Jakarta, mulai dari Patung Kuda, Jalan M.H. Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, hingga Semanggi, sebelum akhirnya tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. Dengan jarak tempuh sekitar 14 kilometer, perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit.


Keistimewaan lain dari kirab kali ini adalah penggunaan kendaraan taktis "Maung" buatan Pindad untuk membawa bendera duplikat dan teks proklamasi




Tiba di Balikpapan


Duplikat bendera Pusaka dan teks proklamasi telah tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi dilanjutkan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, pesawat Boeing TNI AU yang membawa bendera Pusaka dan teks proklamasi tiba di Balikpapan, Sabtu (10/8/2024) sekitar pukul 12.55 WITA. Ketibaan pesawat disambut tim paskibra dengan sikap sempurna, pemuda-pemudi dengan pakaian adat serta bentangan karpet merah.


Dengan seksama keduanya menuruni tangga pesawat dan berjalan di atas karpet merah yang telah tersedia. Mereka kemudian menaiki kendaraan taktis (rantis) untuk menuju ke Istana Negara di IKN.


Nantinya bendera akan diserahkan kepada Purna Paskibraka 2023 Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Sedangkan teks proklamasi diserahkan kepada Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan


Prosesi ini merupakan pertama kali dalam sejarah. Karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi diboyong keluar dari DKI Jakarta dan dikirab ke IKN.


Prosesi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, sebagaimana disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, kirab ini juga merupakan simbol kebersamaan dan sinergi antara DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara.


"Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, dalam keterangannya.


(Red)

Lebih baru Lebih lama